« Original English version full graphics | text only » « More prophecies in foreign languages »

Nubuat 35

Dikhianati dengan Sebuah Ciuman.

Ini telah dituliskan pada 16 Mei 1999 dengan segera setelah hari ketiga Pengelilingan Yerikho-ku pada 7:00 am. Setiap tembok kejahatan, roh-roh yang menghalang, ataupun perbudakan yang berdiri menentang pendeta dan ministry (pelayanan penginjilan) ini harus runtuh seperti tembok Yerikho! Mereka yang mengusahakan kehancuranku dan kehancuran ministry ini tidak akan bertahan! Aku setuju dengan para saudara dan para saudariku yang telah menerima perkataan ini dan pastor ini dalam kasih dan sedang melakukan pengelilingan Yerikho bahwasanya tembok-tembok kejahatan, perbudakan yang menghalangi mereka dalam cara apapun, akan runtuh ke bawah seperti tembok Yerikho maka itu akan runtuh! Aku percaya bahwa HARI PENTAKOSTA akan menjadi sebuah hari kemenangan besar bagi semua orang yang telah dan sedang melakukan pengelilingan Yerikho masing-masing demi KEMENANGAN! ELOHIM yang sama yang kita layani sekarang adalah ELOHIM yang sama yang telah menghancurkan dan meruntuhkan tembok-tembok Yerikho! ELOHIM yang sama yang telah menyisakan Rahab karena telah menyembunyikan kedua orang Israel adalah ELOHIM MAHA KUASA yang sama yang menyebut DiriNYA sendiri "AKULAH AKU". DIA telah melakukan itu sekali dan DIA akan melakukannya lagi! Milikilah saja iman untuk percaya dan kita akan menyaksikan kemenangan!

* * * * * * *

Anak-anakKU yang Kukasihi, "AKULAH AKU" adalah TUHAN ELOHIM kalian. Itulah NAMAKU dan KemuliaanKU dan AKU tidak akan memberikannya kepada yang lainnya, tidak pula PujianKU kepada patung-patung pahatan. Perhatikanlah, hal-hal dahulu telah terjadi, dan hal-hal baru AKU kumandangkan sebelum mereka bermunculan AKU memberitahukan tentang mereka kepadamu. Orang-orang yang memiliki telinga rohani untuk mendengar akan mendengarkan, orang-orang lainnya akan tetap tuli dan bisu. Ingatlah Samson (Simson) dan Delila. Para musuhKU berusaha untuk merampas kekuatan kalian, yang mana adalah iman kalian di dalamKU. Para musuhKU berusaha untuk merampas kebebasan kalian, keuangan kalian, dan hidup kalian. Para musuhKU berusaha untuk menghancurkan jiwa-jiwa kalian, menyerahkan jiwa-jiwa kalian kepada Setan sebagai sebuah persembahan korban. Mereka menakut-nakuti kalian, mengintimidasi kalian, menganiaya kalian dan kumpulan-kumpulan besar orang akan menyerahkan nyawa mereka karena tidak menyerahkan iman mereka. "AKULAH AKU" telah mengurapi kalian dan menentukan kalian di ministry ini untuk menjadi seorang penolong di dalam ministry ini dalam segala cara. Jika kalian percaya kata-kataKU ini maka kalian harus membagikan perkataan-perkataan yang telah AKU berikan kepada nabiah ini. Kalian harus menudungi dan bersyafaat bagi nabiah ini, dan para nabi lainnya dan para rasul lainnya yang tentang mereka AKU katakan kepada kamu kalian. Pesan-pesan nubuatan ini membantu membawa mereka yang terhilang kembali ke dalam Kerajaan Surga dengan melayani mereka, baik dengan perkataan yang membangun maupun menghardik. Anak-anakKU dikuatkan dan para musuhKU diperingatkan dan para putra dan putriKU yang pemboros dan berfoya-foya, kembalilah!

Kalian harus ada di sana untuk mengangkat tangan-tangan nabiah ini ketika tangan-tangannya sudah terlalu lemah baginya untuk diangkat pada waktu peperangan. "AKULAH AKU" akan terus melindungi mereka yang menolong, menguatkan, berdoa dan mendukung saat AKU memimpin dengan RUACH ha KODESHKU, barangkali saja sebuah perkataan yang memberikan semangat ataupun nubuat yang menguatkan adalah segala yang akan AKU arahkan kepada kalian untuk dikatakan kepada pendeta ini. Tanyailah AKU apa yang bisa kalian perbuat untuk membantu. Tanyailah nabi perempuan ini apa yang bisa kalian lakukan untuk membantu. Dia hanya satu suara saja. Gabungkanlah suara-suara kalian dengan suaranya dan bantulah dia menjangkau dunia ini dengan Perkataan-perkataanKU. Kalian akan memberkati AKU dengan menaatiKU dan membantu untuk membagikan semua pesan-pesan yang telah diberikan kepadanya.

"AKULAH AKU" akan memasang nama-nama kalian di gerbang-gerbang tembokKU. Kalian akan terus bersinar seperti permata-permata yang telah ditempatkan ke dalam pemasangan terbaik dari Surga. Semua nabi sejatiKU dan rasul sejatiKU membutuhkan pertolongan kalian, termasuk yang satu ini juga. Mereka diserang dalam berbagai cara, beberapa secara fisik, beberapa secara mental, beberapa secara emosional, beberapa secara finansial, beberapa secara rohani. Pelayan perempuanKU ini diserang setiap harinya dalam semua cara ini. Tetapi "AKULAH AKU" mendengarkan doa-doa syafaat perkasa dan "AKULAH AKU" mengangkat pedang RUACH ha KODESHKU dan persis seperti Goliat telah jatuh akan demikian pula para musuh yang mengejek pembawa pesan ini yang telah diutus untuk mengantarkan pesan-pesan nubuatan. Sama seperti Goliat telah diperingatkan oleh Daud, "AKULAH AKU" mengucapkan peringatan ini hari ini. Meskipun kalian mengejek, FirmanKU tetap sama, "Jangan menjamah orang-orang yang AKU urapi, jangan pula mencelakai para nabiKU." ["Jangan mengusik orang-orang yang KUurapi, dan jangan berbuat jahat terhadap nabi-nabiKU!"] (Mazmur 105:15 dan 1 Tawarikh 16:22). "AKULAH AKU" akan menghakimi setiap perkataan yang diucapkan melawan pelayan perempuan ini, dan para rasulKU yang lainnya dan para nabiKU yang lainnya karena hanya mengucapkan apa yang "AKULAH AKU" katakan. "AKULAH AKU" akan memberkati orang-orang yang memiliki telinga untuk mendengar dan memperhatikan dan akan mengutuk orang-orang yang menyebut apa yang Kudus sebagai tidak kudus. "AKULAH AKU" mengenal nama-nama dan hati dari orang-orang yang datang dan telah datang sebagai seorang teman dan telah mengaku sebagai sebuah berkat namun kemudian mereka telah berpaling dan topeng telah jatuh dan Yudaslah yang telah ada di bawah topeng itu. Celakalah bagi sang Yudas yang berusaha untuk bergabung maupun mengusahakan kehancuran dari ministry ini dan berusaha untuk menjatuhkan semangat dan menghentikan mulut nabiah ini dari berbicara dengan membungkam dirinya ataupun mendukakan RUACH ha KODESH di dalam dirinya. Kalian hanya melihat sang wanita, AKU dapat melihat RUACH ha KODESH di dalamnya dan mengenal hati dari nabiah ini sebagaimana AKU juga mengenal siapa yang telah AKU arahkan dengan RUACH ha KODESHKU untuk membaca perkataan nubuat ini sekarang. Kepada para kambing AKU berkata: "BERTOBATLAH, BERBALIKLAH DARI JALAN-JALANMU YANG JAHAT" sebelum tidak ada lagi waktu untuk pertobatan!

Kepada para BayiKU, Mempelai PerempuanKU, Orang-orang Yang Kupilih dan Orang-orang PilihanKU, "AKULAH AKU" berkata, "Diberkatilah kalian yang AKU panggil dan akan membuktikan AKU memberikan upah bagi orang-orang yang sungguh-sungguh giat mencari AKU dan berusaha keras mematuhi hukum-hukumKU. Diberkatilah mereka yang berusaha keras menjadi Kudus seperti "AKULAH AKU" ini adalah Kudus. Diberkatilah mereka yang menimbun kekayaan mereka di Surga dan bukan di Bumi. Yang berlari menuju tanda panggilan tertinggi. Untuk menjadi Mempelai PerempuanKU adalah panggilan tertinggi dari semuanya." Inilah harta kekayaan terbesar dari semuanya. Di sana ada para tamu dan di sana ada para Mempelai Perempuan. Berusaha keraslah untuk menjadi Mempelai PerempuanKU. AKU tidak menyebut semua orang Mempelai PerempuanKU, hanya mereka yang telah dikhususkan bagi KemuliaanKU akan disebut sebagai MempelaiKU. MempelaiKU saling mengenal, seorang yang asing tidak mereka kenal. Ini adalah ministry yang diutus untuk menginjil dan mempersiapkan Mempelai PerempuanKU. Mereka yang mengejek, waspadalah, sebab cemoohan dan hardikan kalian akan kembali ke telinga-telinga kalian sendiri. Siapakah kalian sehingga berkata apa yang "AKULAH AKU" ini bisa perbuat dan tidak bisa perbuat? AKU mengutus Para NabiKU untuk memberi peringatan tentang kemalangan sebelum itu datang. Bukankah FirmanKU berkata: "Jika umatKU, yang atasnya NAMAKU disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajahKU, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka AKU akan mendengar dari Sorga dan mengampuni dosa mereka, serta MEMULIHKAN NEGERI MEREKA." (2 Tawarikh 7:14)

OH BERTOBATLAH hai kalian generasi yang jahat sebab AKU telah mengasihani kalian ketika AKU seharusnya telah memusnahkan kalian jauh sebelumnya. AKU telah mengasihani kalian dari murkaKU tetapi hanya untuk sesaat. Kalian hanya beberapa detik jauhnya dari tengah malam dan kalian mengejek dan mencemooh kedatangan PutraKU. Kalian mencemooh dan mengejek kengerian yang harus datang itu. Kalian mencemooh dan mengolok-olok orang-orang yang bersiap-siap bagi masa itu secara rohani dengan mencari Juru Selamat mereka untuk datang dan membawa mereka pergi dari masa kesesakan besar yang telah ditetapkan itu. Kalian mencemooh dan mengolok-olok bahkan ketika AKU memberikan sebuah tanggal bagi malapetaka supaya datang dan oleh karena air mata, puasa dan doa-doa dan bencana tidak terjadi, kalian kemudian menamai sang nabi itu sebagai nabi palsu. Di sana ada banyak nabi palsu tetapi jika sang nabi itu atau rasul itu memimpin kalian kepada keselamatan dan Kekudusan dan mengajarkan kebenaran dan bukan kebohongan, maka bagaimana mungkin mereka adalah yang palsu?

Jika seorang nabi ataupun rasul menyesatkan kalian jauh dari Surga dan memimpin kalian menuju Neraka maka mereka memang benar-benar seorang nabi palsu. Jika mereka memimpin kalian kepada ilah lainnya ataupun tanda palsu, keajaiban palsu, ataupun mujizat palsu maka mereka memang benar-benar seorang nabi palsu ataupun rasul palsu ataupun guru palsu. Jika seorang Rasul ataupun Nabi, ataupun guru memimpin kalian untuk mengenyahkan Hukum-hukum dan Kitab-kitab LamaKU, maka mereka memang seorang nabi palsu maupun seorang rasul palsu! (Mazmur 1:2) Kalian harus merenungkan hukum-hukumKU / TauratKU siang dan malam. Bahkan jika seorang malaikat datang mengabarkan jalan lain menuju Surga ataupun memberitahukan kalian untuk tidak mendengarkan Kitab lama dan hanya membaca Kitab Baru itu, AWAS, sebab "AKULAH AKU" adalah KITAB LAMA itu yang telah MENJADI MANUSIA di dalam PutraKU YAHUSHUA sebab kitab lama itu tidak hanya untuk dibaca tetapi juga DILIHAT! FIRMANKU telah terlihat dalam PERKATAAN dan PERBUATAN dan sekarang anak-anakKU yang sejati, demikianlah pula seharusnya dunia melihat FIRMANKU, baik yang PERJANJIAN BARU maupun yang PERJANJIAN LAMA seharusnya terlihat di dalam KALIAN!

Waspadailah jiwa-jiwa kalian sendiri karena dengan menjatuhkan semangat para rasul sejatiKU dan para nabi sejatiKU yang mengucapkan keluar perkataan-perkataan peringatan maka kalian telah menggantung diri kalian sendiri dengan perkataan-perkataan kalian persis sebagaimana Yudas telah menggantung dirinya sendiri. Apakah harga jiwa kalian itu? Belumkah kalian melihatnya? Para musuhKU sedang berusaha untuk mencari di mana kekuatan kalian berada. Para musuh kalian berusaha untuk mengambil kekuatan kalian, kehendak kalian untuk melayani AKU; untuk menghancurkan kalian dan ya bahkan untuk membunuh kalian jika mungkin. Para musuh kalian berusaha untuk mengacaukan kalian dan membuat kalian bimbang seperti Petrus dulu ketika AKU telah memerintahkannya untuk berjalan di atas air. Apakah Delila telah mengkhianati Samson dengan sebilah pedang? TIDAK, melainkan dengan sebuah CIUMAN di dalam nama cinta dia telah mengkhianati laki-laki itu setelah menemukan sumber kekuatannya. Apakah Yudas telah mengkhianati PutraKU dengan sebilah pedang? TIDAK, melainkan dengan sebuah CIUMAN. Demikian pula para musuh kalian yang hidup di dalam rumah-rumah kalian sendiri dan keluarga-keluarga kalian sendiri akan berkata: "aku hanya ingin membantu kamu" dan kemudian mengkhianati kamu dengan sebuah CIUMAN KEMATIAN bagi kemerdekaan kalian dan nyawa kalian jika AKU membiarkannya begitu.

Para musuh dari InjilKU berkata mereka percaya, tetapi mereka bahkan tidak memiliki gambaran tentang siapa "AKULAH AKU" ini. "AKULAH AKU" adalah seseorang yang mereka baca, bukan seseorang yang untukNya mereka hidup. "AKULAH AKU" adalah sama kemarin, hari ini, dan selamanya. AKU tidak berubah baik bagi pria, wanita maupun anak kecil. "AKULAH AKU" tidak terhibur saat AKU menyaksikan para dombaKU tinggal bersama-sama dengan para kambing. "AKULAH AKU" akan memisahkan para domba dari para kambing sebab mereka yang telah tinggal di rumah-rumah ini dan menjadi seorang saksi bagi para kambing dengan harapan mereka akan berkehendak untuk menjadi seekor domba. Hal-hal telah berubah pada masa-masa akhir ini, "AKULAH AKU" sedang membawa sebilah pedang yang akan tepat-tepat memisahkan dedak dari gandum, dan gandum dari lalang. "AKULAH AKU" berduka dan sedang marah ketika ketika AKU menyaksikan air-air mata dari para dombaKU dan sama seperti pada masa dahulu kala "AKULAH AKU" akan membebaskan mereka yang berusaha untuk dibebaskan dan mereka yang telah bergumul melawan roh-roh ketidakilahian yang telah bangkit melawan mereka dalam perbudakan. Di mana telah tidak ada jalan untuk lolos, AKU akan menuntun kalian kepada jalan keluarnya.

Bukankah AKU telah berkata dalam FirmanKU bahwa para musuh terburuk kalian akan ditemukan di dalam rumah-rumah kalian sendiri? Tidakkah AKU telah berkata bahwa PutraKU YAHUSHUA akan memisahkan dengan sebuah pedang! Bacalah FirmanKU. Pelajarilah FirmanKU. Pedang dari RUACH ha KODESHKU adalah Pedang Kebenaran dan para musuhKU tidak berusaha untuk mengetahui kebenaran tetapi lebih mempercayai dusta-dusta yang menenangkan seperti sebuah jari pada sebuah telinga atau mata yang gatal. Ketika jari tempelakanKU datang kepada orang-orang yang tidak ilahi, mereka justru berusaha menunjuk jari tangan tempelakan itu kembali ke arah kalian dan membalikkannya justru menjadi sebuah jari tuduhan, menuduh kalian berdasarkan prasangka, ataupun kegilaan, ataupun kebodohan. Para musuh kalian menuduh kalian atas hate crimes (kejahatan-kejahatan atas dasar kebencian), ketika AKU tidak pernah menaruh roh kebencian di dalam diri kalian kecuali terhadap Setan dan ketidakilahian.

Para domba akan mendapati ini lebih sulit daripada yang pernah ada untuk berdiam dengan tenang di dalam rumah-rumah ataupun keluarga-keluarga di mana para kambing berada. Sebab kalian lihat, tidakkah FirmanKU berkata bahwa pada masa-masa akhir ini yang Kudus akan menjadi semakin Kudus dan yang tidak kudus akan menjadi semakin cemar? Kalian adalah suatu cahaya terang yang bersinar-sinar. Dosa-dosa dilakukan dalam kegelapan. Anak-anak kegelapan tidak ingin dosa-dosa mereka disingkapkan sebagai dosa. Bagi kamu sekalian di dalam tempat-tempat kediaman di mana kalian telah berada, terang itu ada di atas bukit untuk dilihat semua orang. Beritahukan mereka yang menyangkal AKU sebagai TUHAN dan menolak untuk hidup bagiKU ataupun hidup Kudus di hadapanKU: bahwa sekarang ELOHIM yang kalian layani "AKULAH AKU" dan YAHUSHUA akan mengambil orang-orang yang dipenuhi dengan kebenaran Surga, mengambil mereka pergi dari kegelapan, meninggalkan orang-orang yang menolak AKU di dalam kegelapan dengan dosa-dosa mereka; dan orang-orang yang adalah anak-anakKU yang AKU sebut para dombaKU yang telah menjadi alasan mengapa para kambing yang sedang tinggal dengan mereka telah tidak merasakan murkaKU. Ketika sang domba telah diambil, para kambing akan merasakan murkaKU dalam ukuran penuh.

"AKULAH AKU" mengucapkan keluar peringatan ini sebagaimana para musuhKU telah menghunuskan pedang-pedang mereka kepada Samson dan menyiksa dia dan membutakan dia, demikian pula "AKULAH AKU" ini mengangkat PEDANGKU dan akan memutuskan pengikat-pengikat yang telah diikatkan orang-orang yang tidak ilahi itu kepada kalian! "AKULAH AKU" akan menggunakan PedangKU untuk membunuh para musuhKU dalam berbagai cara yang berbeda. "AKULAH AKU" akan mengejar para musuhKU dan mereka akan berlarian kepada tujuh arah yang berbeda (berbagai arah). "AKULAH AKU" akan memerdekakan para tawanan yang berseru kepadaKU bagi Passover (Paskah) mereka! "AKULAH AKU" akan membutakan mata-mata dan membuat tuli telinga-telinga lebih jauh, yakni kepunyaan orang-orang yang menolak untuk mendengar sekalipun mereka telah diperingatkan lagi dan lagi, mereka ingin menjadi buta sehinga mereka akan seperti sang Firaun jahat tujuh kali lipat lebih buruk hingga yang terkemudian akan menjadi lebih besar daripada yang terdahulu dan mereka akan lebih baik telah tidak pernah tahu sehingga mereka telah tidak akan pernah mengolok-olok para rasul dan para nabiKU yang AKU utus. Tidak akan lagi sang domba menjadi puas untuk berdiam bersama para kambing. Waktunya telah tiba di mana di sana akan ada bahaya besar karena telah berbuat demikian. Berdoalah bagi sebuah jalan untuk meloloskan diri. Saksikanlah tembok-tembok kejahatan jatuh runtuh seperti halnya tembok-tembok Yerikho dulu jatuh. Berkelilinglah bagi kemenangan kalian seperti yang telah dilakukan Yosua, masing-masing bagi kebutuhan kalian sendiri.

Jangan berkecil hati, hai orang-orang yang telah ada dalam perbudakan. Sebab persis seperti Saulus (Paulus) telah diurapi untuk berbicara kepada orang-orangKU, itu oleh karena pujiannya, sekalipun dia telah menderita, dia telah diuji dan dipergunakan untuk mengucapkan keluar kemalangan-kemalangannya. Persis sebagaimana AKU telah membebaskan Shaul (Saulus / Paulus) dari penjaranya oleh seorang malaikat, demikian pula AKU akan membebaskan orang-orang yang berseru kepadaKU supaya bebas dari para kambing yang tinggal bersama mereka. "AKULAH AKU" akan membebaskan kalian saat kalian mengucapkan ini keluar dalam iman dan tidak membiarkan diri kalian sendiri menjadi nyaman di dalam lingkungan dari orang-orang yang tidak ilahi yang menyebut diri mereka sendiri keluarga tetapi bukan keluarga sama sekali. Keluarga sejati kalian adalah para orang percaya dan para pengasih "AKULAH AKU", YAHUSHUA dan RUACH ha KODESH. Orang-orang dengan suatu kehendak untuk hidup kudus dan menjadi kudus dan mengasihi keseluruhan Sang Firman yang telah menjadi manusia, yang namaNya adalah YAHUSHUA. Tidak ada nama lain yang bisa menyelamatkan kalian, hanya NAMA YAHUSHUA! Tidak ada jalan lain untuk datang dengan penuh keberanian ke hadapan tahtaKU, hanya melalui YAHUSHUA! Jangan mengenakan pakaian rombeng jorok milik kalian sendiri tetapi datanglah dengan penuh keberanian di dalam jubah-jubah kebenaran yang telah dipakaikan oleh YAHUSHUA untuk menutupi kalian! NAMA PutraKU adalah YAHUSHUA dan di dalam Yesaya 53 di dalam KITAB LAMA ITU AKU telah memberitahukan kalian sebelumnya mengenai kedatanganNya, telah menubuatkan kedatanganNya. Persis seperti kumpulan-kumpulan besar orang telah tidak percaya bahwa kemudian seorang Juru Selamat akan datang, persis sebagaimana sekarang banyak yang tidak percaya Yohanes 3:16 dalam KITAB BARU itu, YAHUSHUA telah datang dan telah menyelamatkan orang-orang yang memiliki telinga-telinga rohani untuk mendengar dan memperhatikan dan mereka yang memiliki mata rohani untuk melihat. Bagi mereka yang sungguh-sungguh percaya dan berkata di dalam hati mereka dan menjalani hidup mereka seolah-olah Dia akan datang kapan saja, kalian tidak akan dikecewakan. Mempelai laki-laki mana yang tidak mengenal Mempelai Perempuan sejatinya? Di sana tidak akan ada kerudung yang menutupi wajah kalian, semua akan disingkapkan pada hari itu. Para tamu akan mencucurkan air mata penuh kesedihan ketika mereka menyadari pada hari itu bahwa mereka seharusnya telah menjadi sang Mempelai tetapi akhirnya tidak. Orang-orang yang telah menolak undangan untuk menerima YAHUSHUA akan menggertakkan gigi mereka dalam kesakitan dan akan menanggung dengan jiwa-jiwa mereka selamanya. Kalian akan menjadi yang mana? "AKULAH AKU", yakni "AKU ADALAH AKU" dan "AKULAH AKU" telah mengetahuinya!

* * * * * * *

Demikianlah ini diucapkan, demikianlah ini dituliskan pada 16 Mei 1999. Dituliskan di bawah urapan dari RUACH ha KODESH dan dititipkan kepada Anak, Prajurit Perang dan Mempelai Perempuan YAHUSHUA ini.

www.amightywind.com
www.almightywind.com

Alamat surat dan email

 
Catatan Penerjemah (Translator's Note):

(*1) Informasi Nama:


(*2) "filthy rags" (kain kotor; pakaian rombeng yang jorok):
Demikianlah kami sekalian seperti seorang najis
dan segala kesalehan kami seperti kain kotor;

kami sekalian menjadi layu seperti daun
dan kami lenyap oleh kejahatan kami
seperti daun dilenyapkan oleh angin.
Yesaya 64:6
But we are all as an unclean thing,
and all our righteousnesses are as filthy rags;

and we all do fade as a leaf;
and our iniquities,
like the wind, have taken us away.
Isaiah 64:6 (KJV)

:: Filthy ::

(The Contemporary English - Indonesian Dictionary, 1996, p. 700)
  1. "sangat kotor."
  2. "tidak bermoral."
  3. "keji, jahat, hina."
(Longman Dictionary of Contemporary English, 1995, p. 519)
  1. "extremely dirty."
  2. "showing or describing sexual acts in a very rude or offensive way."

:: Rag(s) ::
(The Contemporary English - Indonesian Dictionary, 1996, p. 1570-1571)
  1. "rombengan kain tua, gombal."
  2. "kain lap, serbet."
  3. rags: "pakaian rombeng."
(Longman Dictionary of Contemporary English, 1995, p. 1164)
  1. "a small piece of old cloth, for example one used for cleaning things."
  2. in rags: "wearing old torn clothes."